Langsung ke konten utama

Virus yang Menguntungkan bagi Hewan

Gambar 1. Canine Distemper (Wikipedia)

Gambar 1. Canine Distemper (Wikipedia)

Ada beberapa virus yang menguntungkan bagi hewan, apa saja? Simak penjelasan materi biologi tentang virus disini. Apa itu virus? Dikutip dari Brainly, virus adalah mikroorganisme atau agen infeksius yang sering menyebabkan penyakit pada berbagai jenis organisme termasuk manusia, hewan, tumbuhan dan bakteri. Meski virus merugikan, ternyata ada virus yang menguntungkan bagi hewan atau sering disebut sebagai "virus simbion" atau "virus mutualistik."

Virus yang Menguntungkan bagi Hewan

1. Virus Bakteriofag

Bakteriofag adalah virus yang menginfeksi bakteri

Gambar 2. Bakteriofag Adalah Virus yang Menginfeksi Bakteri (Live Science)

Virus Bakteriofag adalah virus yang menguntungkan bagi hewan karena dapat  mengendalikan populasi bakteri tertentu dalam saluran pencernaan hewan dan memungkinkan keseimbangan mikrobiota yang sehat.

2. Canine Distemper Virus

Canine Distemper Virus Infection

Gambar 3. Canine Distemper Virus Infection (Veterian Key)

Sebenarnya virus canine distemper bisa menyebabkan penyakit terhadap hewan liar. Namun ada studi yang menunjukkan bahwa virus canine distemper dapat membantu populasi hewan liar dengan mengontrol jumlah individu yang lebih lemah atau sakit.

3. Endogenous Retrovirus

Endogenous Retroviruses: Suspects in the Disease World

Gambar 4. Endogenous Retroviruses: Suspects in the Disease World (Future Microbiology)

Beberapa virus Endogenous Retrovirus yang telah dimasukkan ke dalam genom hewan selama evolusi berperan dalam mengatur sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi lainnya.

4. Densovirus


Gambar 5. Disease Of Silkworms - Densovirus Disease (PandaSilk)

Virus densovirus menginfeksi parasit yang merugikan hewan dan membantu dalam mengendalikan populasi parasit tersebut.

5. Bacteriophage

Bacteriophage

Gambar 6. Bacteriophage (Wikipedia)

Membantu hewan dalam mencerna makanan dengan menginfeksi dan menghancurkan bakteri dalam saluran pencernaan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan efisiensi pencernaan.

Itulah virus yang menguntungkan bagi hewan. Jika ada tambahan informasi atau ada permintaan pembahasan mengenai materi virus lainnya bisa kirim pesan atau DM ke instagram @violthebiologist. Atau mungkin ada keinginan untuk kerjasama dengan MATERI BIOLOGI seperti pemasangan iklan, promosi produk, content placement, backlink atau sejenisnya langsung kontak kami melalui instagram kami diatas.

Ingin Pasang Iklan di materibiologi.com? DM IG @violthebiologist

PENULIS

Rizki Indra Prasetyawan
Rizki Indra Prasetyawan A.P.Kom.
(Crew-Partner Viol The Biologist)

Follow Instagram @rizkiindraprasetyawan

Follow Facebook Rizki Indra Prasetyawan

Bahan Bacaan :

https://brainly.co.id/tugas/43471793

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Protein?

Seringkan kalian mendengar nama molekul satu ini yang disebut sebagai PROTEIN. Memang mungkin ketika kita dulu saat SD menerima pelajaran IPA biasa Bapak/Ibu Guru akan menjelaskan peran protein itu untuk perkembangan dan pertumbuhan, namun kalian pernah bertanya gak? Bagaimana cara sebuah protein bisa memicu berjalannya proses perkembangan dan pertumbuhan dalam suatu sel? Kemudian darimana asal molekul satu ini mengapa dalam sel itu ada? Gambar 1. Struktur dan rumus kimia asam amino penyusun suatu protein (BYJU'S) Sebuah molekul yang berukuran besar dan kompleks dengan peran sangat penting dalam tubuh misalnya untuk respon fisiologis seperti pertumbuhan, perkembangan, komunikasi antar sel, respon imun dan lain-lain. Protein ini sangat penting sekali untuk sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh sel da pastinya diperlukan untuk peran struktur, fungsi serta regulasi atau pengaturan pembentukan jaringan dan organ tubuh. Protein terdiri atas satu atau lebih sekuens asam amino (Gambar 1) y

Apa Itu DNA?

Pastinya kita sudah sering mendengan istilah DNA, namun sebenarnya apa itu DNA dan peranan dalam tubuh, serta bagaimana kontribusi molekul tersebut dalam suatu proses pengaturan sifat genetik pada seseorang? Struktur dari molekul ini kita kenal dalam bentuk 3D yaitu memilin (Gambar 1) namun perlu kalian ketahui sebenarnya DNA ini memiliki banyak jenis struktur. Gambar 1. Ilustrasi struktur tiga dimensi dari DNA (Kompas.com) Asam deoksiribonukleat (DNA) merupakan sebuah molekul yang berperan untuk membawa suatu informasi genetik bertujuan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi suatu organisme. Molekul ini tersusun atas dua untai yang saling melilit satu dengan lainnya atau struktur DNA ini biasa kita kenal dengan sebutan heliks ganda atau double helix (Gambar 2). Gambar 2. Struktur DNA (www.genome.gov) Setiap untai DNA memiliki sebuah backbone atau tulang punggung yang tersusun atas gula (deoksiribosa) dan gugus fosfat. Terdapat salah satu jenis basa yang melekat pada setiap gula.