Ruang Lingkup Biologi Kelas 10

Ruang lingkup biologi kelas 10. Biologi terdiri dari 2 kata yaitu bios dan logos, bios itu artinya hidup dan logos itu ilmu.  Jadi secara umum biologi itu adalah ilmu yang mempelajari tentang mahluk hidup dan kehidupan. Segala sesuatu yang terkait dengan mahluk hidup juga dipelajari dalam ilmu biologi.

Dalam materi ruang lingkup biologi ini kita akan mempelajari beberapa hal yaitu :

  1. Objek kajian biologi.
  2. Tingkatan organisasi kehidupan.
  3. Thema atau ragam persoalan biologi

Ketiga aspek tersebut tercakup dalam kubus biologi, yang dikeluarkan oleh BSCS (Biological Science Curriculum Study),

OBJEK KAJIAN BIOLOGI.

Berdasarkan kubus biologi tersebut, maka objek kajian biologi meliputi tumbuhan, hewan dan protista. Pada awalnya objek biologi hanya hewan dan tumbuhan (dikemukakan oleh Aristoteles). Seiring majunya ilmu pengetahuan akhirnya muncul kingdom berikutnya yaitu Protista.  

Namun, saat ini ada 5 kingdom makhluk hidup yang umum dipakai, seperti yang kemukakan oleh R.H. Whittaker, yang menjadi objek kajian biologi.  Kingdom tersebut adalah :

  1. Monera ( bakteri )
  2. Fungi
  3. Protista
  4. Plantae
  5. Animalia

TINGKATAN ORGANISASI KEHIDUPAN.

Stuktur organisasi kehidupan dimulai dari tingkat molekul hingga biosfer.

tingkatan organisasi kehidupan

Nah, kita akan mebahas secara singkat satu persatu apa yang menjadi tingkatan organisasi itu.

  1. Molekul.
    Molekul organik akan Menyusun tubuh makhluk hidup. Contoh molekul kompleks adalah karbohidrat, protein, lemak, DNA dan RNA serta vitamin.
  2. Sel.
    Sel adalah satuan unit fungsional dan structural terkecil dari makhluk hidup. Sel dapat melaksanakan berbagai fungsi kehidupan, yakni fungsi respirasi, reproduksi, transportasi, membuang zat sisa dan sebagainya.
  3. Jaringan.
    Sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama akan membentuk jaringan. Pada hewan misalnya ada jaringan epitel, jaringan otot, jaringan saraf dan jaringan ikat. Pada tumbuhan terdapat jaringan meristem, jaringan epidermis dan jaringan pengangkut.
  4. Organ.
    Beberapa jaringan akan membentuk organ. Contoh organ pada hewan adalah lambung, usus, kerongkongan, paru-paru, kulit dll. Organ pada tumbuhan adalah akar, batang, daun dan bunga. Organ lambung tersusum atas jaringan epitel, jaringan saraf, jaringan ikat dan jaringan otot. Organ daun tersusun dari jaringan epidermis, jaringan palisade, jaringan pengangkut.
  5. System organ.
    Beberapa organ akan membentuk system organ. Misalnya system pencernaan tersusun dari organ mulut, kerongkongan, lambung, usus dan anus.
  6. Organisme/ individu.
    Satu individu tersusun dari berbagai system organ. Pada manusia terdapat : sistem pencernaan makanan, sistem ekskresi, sistem reproduksi, sistem gerak, sistem syaraf, sistem peredaran darah, sistem pernafasan, sistem imunitas dan sistem hormon.
  7. Populasi.
    Sekumpulan individu sejenis akan membentuk populasi, mnisalnya populasi gajah, populasi rusa dan sebagainya.
  8. Komunitas.
    Sekumpulan populasi akan membentuk komutias. Contohnya komunitas hutan, terdiri dari populasi gajah, populasi rusa dan hewan lainnya
  9. Ekosistem.
    Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya, atau keterkaitan antara faktor biotik dan abiotic. Dalam ekosistem kita akan mengkaji lebih dalam mengenai aliran energi, rantai makanan,  jaring-jaring makanan dan sebagainya.
  10. Bioma.
    Bioma merupakan kumpulan ekosistem, meliputi wilayah yang luas, dan dipengaruhi oleh iklim sehingga mempengaruhi fauna dan flora yang khas.
  11. Biosfer.
    Biosfer ini nantinya meliputi atmosfir, hidrosfir dan litosfir. Nah bagian ini akhirnya membentuk kehidupan didalama bumi kita.

THEMA ATAU RAGAM PERSOALAN BIOLOGI

Persoalan yang dikaji dalam biologi meliputi ;

  1. biologi sebagai inkuiri.
  2. sejarah konsep biologi.
  3. evolusi.
  4. keanekaragaman dan keseragaman.
  5. genetika dan kelangsungan hidup.
  6. organisme dan lingkungan.
  7. perilaku.
  8. struktur dan fungsi.
  9. regulasi.

Berdasarkan objek kajian, tingkatan  organisasi kehidupan dan tema persoalan biologi tersebut, maka biologi semakin berkembang dan menghasilkan cabang-cabang ilmu biologi. Diantaranya

  1. sitologi = ilmu yang mempelajari tentang sel
  2. morfologi = ilmu yang mempelajari tentang struktur dan bentuk tubuh makhluk hidup  bagian luar.
  3. anatomi = ilmu yang mempelajari tentang struktur tubuh bagian dalam.
  4. fisiologi = ilmu yang mempelajari tentang fungsi faal tubuh.
  5. histologi = ilmu yang mempelajari tentang jaringan.
  6. botani = ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan.

Untuk lebih jelasnya ada didalam video berikut,

Sekian yang dapat kita bahas kali, kalau masih ada yang ingin ditanyakan silahkan dituliskan di kolom komentar ya. Terima kasih..

Author: mommikael

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *