TEORI SEL MENURUT PARA AHLI

Artikel tentang perkembangan teori sel ini akan menjelaskan macam macam teori selteori sel dan penemunya, teori sel menurut para ahli biologi seperti teori sel menurut robert hooke & teori sel felix durjadin.

Teori Sel Menurut Para Ahli

Penemu dasar-dasar teori sel adalah :

  • Teori Schleiden (1804 – 1891) dan Teori Schwann (1810 – 1882). Mengatakan bahwa sel merupakan kesatuan struktural suatu organisme.
  • Teori Johanes Purkinje (1787 — 1869). Mengatakan bahwa cairan di dalam sel hidup yang merupakan bahan-bahan embrional di dalam telur disebut protoplasma.
  • Teori Robert Brown (1813). Menemukan inti sel (nukleus) yang merupakan struktur penting dari sel.
  • Teori Felix Dujardin (1835). Mengatakan bahwa bagian sel yang terpenting adalah cairan di dalam sel.
  • Teori Max Schultze (1825 – 1874). Dari hasil penyelidikannya menyatakan Sel merupakan kesatuan fungsionil kehidupan.
  • Teori Rudolf Virchow (1858). Menyatakan: sel merupakan kesatuan pertumbuhan makhluk hidup, artinya pertumbuhan makhluk hidup adalah hasil perbanyakan dan pertumbuhan sel. Semua sel berasal dari sel juga (omne cellula ex cellulae).
  • Penemuan akhir abad XIX. Dengan ditemukannya alat-alat dan teknik yang baru para akhli menyimpulkan bahwa Sel merupakan kesatuan hereditas, artinya tiap sifat-sifat yang diturunkan selalu melalui sel.

SEL SEBAGAI PEMBANGUN TUBUH MAKHLUK HIDUP
Untuk pertama kali ditemukan oleh : Robert Hooke dengan menggunakan alat yang sederhana dapat (1635 — 1703) melihat sel mati, yang berbentuk kotak-kotak kecil, selnya merupakan sel gabus. Sel-sel yang sama bentuk dan fungsinya akan menyusun jaringan, jaringan akan membentuk organ (alat tubuh). Organ-organ menyusun sistem organ dan seluruh sistem. Kesatuan fungsionil dari masing-masing organ akan membentuk individu ( sel -> jaringan  -> organ -> sistem organ -> individu).

Nah itulah macam-macam teori sel menurut para ahli biologi. Semoga bermanfaat bagi pembaca materibiologi.com yang sedang mencari bahan pelajaran biologi tentang teori sel dan penemunya serta sejarah perkembangan teori sel.

Lihat juga teori asal usul kehidupan biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *