TEORI BIOGENESIS DAN ABIOGENESIS

Materi biologi kali ini akan menjelaskan teori biogenesis dan abiogenesis, perbedaan biogenesis dan abiogenesis, penemu teori biogenesis dan abiogenesis & pengertian biogenesis dan abiogenesis.

Apa perbedaan teori evolusi biogenesis dan abiogenesis ?

Teori Biogenesis ( Omne vivum ex ovo, omne ovum ex vivo)

pengertian teori biogenesis :

Teori biogenesis adalah teori yang berpendapat bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga.

penemu teori biogenesis adalah sebagai berikut :

Teori Urey dan Paham Oparin

Teori Harold Urey (1893)
Urey berpendapat bahwa kehidupan berasal dan terjadi pertama kali di udara (atmosfer). Pada saat tertentu dalam sejarah perkembangan bumi terbentuk atmosfer yang kaya akan molekul-molekul CH4 NH3, H2, dan H20 karena adanya loncatan listrik akibat halilintar dan sinar kosmik terjadi asam amino yang memungkinkan terjadinya kehidupan.

Paham Oparin: Seorang bangsa Rusia berpendapat seperti Urey bahwa kehidupan pertama terjadi di cekungan pantai yang bahan-bahannya dari lautan.

Teori Louis Pasteur (1822-1895)

Pasteur mengadakan percobaan dengan labu yang penutupnya berbentuk leher angsa bertujuan untuk membuktikan bahwa mikroorganisme terdapat di udara bersama dengan debu. Hasil percobaan louis pasteur adalah sebagai berikut:

  • Mikroorganisme yang tumbuh bukan berasal dari benda mati (cairan) tetapi dari mikroorganisme yang terdapat di udara
  • Jasad renik terdapat di udara bersama dengan debu.

Dengan percobaan Pasteur ini maka gugurlah teori Abiogenesis (generatio spontanea). Pasteur terkenal dengan semboyannya “Omne vivum ex ovo, omne ovum ex vivo’’ yang mengandung pengertian sebagai berikut :

  • Kehidupan berasal dari telur dan telur dihasilkan makhluk hidup
  • Makhluk yang hidup sekarang berasal dari kehidupan sebelumnya
  • Makhluk yang hidup sekarang berasal dari kehidupan sebelumnya
  • Makhluk hidup berasal dari mahluk hidup juga.

Teori Francesco Redi (1968)

Redi adalah seorang ahli ilmuwan bangsa Italia yang menentang teori Abiogenesis dengan mengadakan percobaan yang menyimpulkan bahwa larva (kehidupan) bukan berasal dari daging yang membusuk tetapi berasal dari lalat yang dapat masuk ke dalam tabung dan bertelur pada keratan daging.

Teori Lazzaro Spallanzani ( 1729-1799)

Lazzaro Spallanzi adalah seorang filosof bangsa Italia yang menentang pendapat John Needham, kehidupan yang terjadi pada air kaldu disebabkan oleh pemanasan yang tidak sempurna sehingga mikroorganisme tidak terbunuh secara sempurna. Kesimpulan teori Spallanzani adalah:

  • Pada tabung terbuka terdapat kehidupan berasal dari udara
  • Pada tabung yang tertutup tidak terdapat kehidupan, hal ini membuktikan bahwa kehidupan bukan dari air kaldu.

Teori Abiogenesis

Teori Abiogenesis adalah teori yang berpendapa bahwa Makhluk hidup berasal dari benda mati yang timbul secara spontan karena adanya gaya hidup. Teori abiogenesis ini di sebut juga dengan Generatio Spontanea. Pelopor teori abiogenesi adalah Aristoteles (394-322 sebelum masehi).

Teori abiogenesis diperkuat oleh Antonie van Leeuweunhoek seorang bangsa Belanda yang berdasarkan hasil penemuannya pada air hujan dan rendaman air jerami di bawah mikroskopnya, dimana dia menemukan adanya jentik-jentik (makhluk hidup). Leeuwenhoek menemukan jentik-jentik tersebut berasal dari air sehingga ditafsirkan sebagai pendukung abiogenesis. Pendukung abiogenesis yaitu John Needham seorang ahli pengetahuan bangsa Inggris.

Nah itulah penjelasan teori biogenesis dan abiogenesis. Sekarang kalian sudah pasti tau tentang perbedaan teori biogenesis dan abiogenesis bukan ?

Lihat juga pengertian makhluk hidup menurut para ahli & teori asal usul kehidupan dan pembuktiannya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *