TEORI ASAL USUL KEHIDUPAN DAN PEMBUKTIANNYA

Materi biologi ini akan menjelaskan teori harold urey dan oparin, dan pembuktiannya oleh stanley miller mengenai teori asal usul kehidupan.

Teori Asal Usul Kehidupan dan Pembuktiannya

Teori Harord Urey dan Oparin

Harold Urey (1893) dari AS. dan Oparin dari U.S. menyatakan bahwa atmosfir bumi kita kaya akan zat-zat kimia seperti CH4 (metana). NH3 (amoniak) dan Hidrogen yang bersama air dalam bentuk uap air akan mengadakan reaksi dengan sinar-sinar kosmis dan loncatan-loncatan listrik alam membentuk Protein, yang merupakan komponen dasar dari makhluk hidup. Secara ringkasnya dapat kita tulis sebagai berikut:

CH4 (metana) + Sinar kosmis dan loncatan listrik alam = PROTEIN
NH3 (amoniak)
H2 (hidrogen)
H2O (uap air)

Teori Stainley Miller (1953)

Mengadakan percobaan dengan bunga-bunga api listrik yang berasal dari sumber Listrik yang bertekanan tinggi dialirkan ke suatu saluran yang di dalamnya terdapat larutan uap air yang mengandung metana. Setelah beberapa hari menghasilkan endapan yang berupa as am amino. Sehingga dari hasil percobaan tersebut menyimpulkan :

a.    Bahwa hidup ada sebelumnya.

b.    Unsur yang paling banyak dalam makhluk hidup adalah Oksigen (O2).

c.    Persenyawaan yang terbanyak dalam makhluk hidup adalah H2O (air).

Nah teman-teman itulah teori asal usul makhluk hidup menurut sains. Lihat juga perbedaan makhluk hidup dan tak hidup & teori mengenai asal usul makhluk hidup. Semoga bermanfaat bagi para pembaca materibiologi.com 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *