STRUKTUR BATANG DAN FUNGSINYA

Materi ini akan menjelaskan struktur batang dikotil dan monokotil beserta fungsinya / struktur batang tumbuhan dan fungsinya.

Struktur Batang dan Fungsinya

Struktur Batang Tumbuhan Dikotil Berkayu

Bagian-bagian dari batang dikotil berkayu, apabila dilihat dari potongan melintang batang, maka terdiri dari tiga bagian yang berbeda yaitu pepagan (kulit), kayu dan empulur. Dibawah ini akan diuraikan struktur batang dikotil dan penjelasannya dari tiap-tiap bagian dari batang dikotil tersebut.

  • Pepagan (kulit)

Pada bagian luar kulit dilindungi oleh lapisan sel-sel gabus mati yang dijejali dengan suberin. Suberin berguna untuk mengurangi penguapan air dari batang. Pada bagian ini kaya akan lentisel yang berguna untuk pertukaran oksigen dan karbondioksida dari batang dan udara disekitarnya, Dibawah gabus terdapat sel parenkim yang menyusun korteks yang berfungsi sebagai sel penyimpan makanan. Dalam batang, sebelum gabusnya berkembang, sel-sel ini kemungkinan berkloroplas, sehingga dapat melakukan fotosintesis.

Pada sel batang yang tua ada sel meristem (kambium) yang berkembang antara sel korteks dan gabus. Sel kambium ini berfungsi mengganti sel gabus yang sudah aus. Pada bagian dalam gabus terdapat jaringan floem dan parenkim secara berselang-seling. Bagian bawah pepagan yang merupakan batas pepagan dan kayu adalah kambium. Kambium ini bermitosis membentuk floem baru kearah luar dan xilem baru kearah dalam.

  • Kayu

Bagian kayu dari batang dibentuk oleh jaringan xilem. Untuk itu maka fungsi xilem ada dua yaitu sebagai penunjang dan pengangkut. Xilem yang terbentuk pada musim semi, diameternya akan lebih besar dari xilem yang dibentuk pada musim panas. Pada masa dorman, maka xilem tidak akan terbentuk. Seluruh pita xilem yang terbentuk dalam satu musim tumbuh disebut dengan satu gelang tahunan.

  • Empulur

Empulur adalah bagian terdalam dari batang muda. Isi dari empulur ini adalah sel-sel parenkim yang berfungsi sebagai daerah penyimpan makanan. Batang yang sudah tua bagian ini akan menghilang.

  • Tulang Daun

Berkas pembuluh pada tulang daun merupakan perluasan berkas pembuluh dari batang. Dari batang ke dalam daun dan kemudian ke dalam berbagai urat daun, sampai ke dalam urat-urat daun yang teramat halus. Pada tulang daun terdapat pula jaringan pembuluh yaitu xilem dan floem yang biasanya dikelilingi oleh sel sklerenkim.

Anatomi Batang Dikotil Herba

Struktur dasar dari batang dikotil herba hampir sama dengan struktur batang dikotil berkayu, hanya berbeda pada bagian permukaannya saja. Kalau batang dikotil berkayu bagian permukaan dilapisi oleh gabus, sedang batang dikotil herba dilapisi oleh selapis epidermis. Di bawah sel epidermis terdapat korteks yang didalamnya berisi kloroplas, sehingga dapat melakukan fotosintesis, Bagian dalam batang terdapat empulur dan jaringan pembuluh (xilem dan floem dan ditengahnya kambium). Pada batang dikotil herba ini tidak dihasilkan gelang-gelang xilem berkayu, sehingga tidak sekuat batang dikotil berkayu.

Struktur Batang Monokotil

Susunan batang monokotil berlainan sekali dengan batang dikotil. Dari irisan batang monokotil terlihat dari bagian tepi luar dan dalam penuh dengan empulur. Berkas pembuluh yaitu xilem dan floem letaknya tidak beraturan di dalam sel sklerenkim.

Nah itulah penjelasan mengenai struktur anatomi batang monokotil dan dikotil. Mudah-mudahan kamu mengerti tentang perbedaan struktur batang monokotil dan dikotil ya teman 🙂

Lihat juga struktur akar dikotil dan fungsinya & jaringan pembuluh pada tumbuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *