STRUKTUR AKAR DIKOTIL BESERTA FUNGSINYA

Struktur Akar Dikotil Beserta Fungsinya

struktur melintang akar dikotil – Struktur akar tanaman dikotil yang muda, apabila dilihat dari bagian bawah dari ujung akar, akan terdapat :

  • Meristem

Meristem adalah jaringan yang menghasilkan sel-sel baru yang akan mengembangkan akar pertama (primer). Dengan mitosis yang berulang ini akan memperbesar panjangnya akar.

  • Daerah perpanjangan

Daerah perpanjangan akar adalah sel yang merupakan hasil pembelahan berulang dari sel meristem

  • Tudung akar

Tudung akar adalah suatu jaringan yang melindungi jaringan meristem dari gesekan dan kerusakan dalam tanah (struktur jaringan akar dikotil paling luar)

Diferensiasi Akar

Apa itu diferensial bentuk akar ? Setelah sel-sel akar itu sepenuhnya memanjang, maka dimulailah terjadi diferensiasi sel tersebut artinya terjadi proses modifikasi struktural dan fungsional dari suatu sel yang tidak khusus menjadi sel yang khusus. Hasil dari diferensiasi sel akar tadi terlihat susunannya dari luar kedalam dari irisan melintang akar yaitu;

  • Sel epidermis, merupakan diferensiasi dari sel permukaan akar.
  • Akar Rambut, merupakan diferensiasi dari dinding permukaan yang menjadi panjang yang berguna untuk meningkatkan area permukaan akar dan sebagai jalan masuknya air.
  • Korteks, merupakan tempat cadangan makanan.
  • Endodermis adalah selapis sel tunggal yang membatasi permukaan dalam korteks.
  • Perisikel adalah sel tempat terbentuknya cabang akar, Di dalam perisikel akar muda terdapat jaringan xilem, floem, dan parenkim atau empulur. Sedangkan pada akar yang tua terdapat kambium diantara jaringan xilem dan floem. Kambium ini melakukan mitosis ke arah luar membentuk floem baru (sekunder), dan ke dalam membentuk xilem (baru) sekunder.

Demikian penjelasan struktur akar dikotil mengenai struktur akar dikotil beserta fungsinya. Semoga kamu nggak bingung tentang struktur akar tumbuhan dikotil ya teman 🙂

Lihat juga jaringan pembuluh pada tumbuhan dan fungsinya & sistem transportasi pada tumbuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *