SISTEM TRANSPORTASI PADA TUMBUHAN

Sistem Transportasi Pada Tumbuhan

Sebelum membicarakan tentang transpirasi / sistem transportasi pada tumbuhan, terlebih dahulu harus diketahui tentang adanya lintasan air dan mineral yang terjadi pada tanaman yang merupakan proses awal sebelum terjadinya transpirasi. Proses transportasi air pada tumbuhan adalah salah satu hal yang sangat penting bagi hidup atau tidaknya suatu tanaman.

Lintasan air dan mineral pada tanaman ada dua tahapan. Tahap pertama adalah lintasan air dan mineral dari dalam tanah menuju ke akar, dan tahap kedua adalah lintasan dari akar menuju ke daun.

Bagaimana proses pengangkutan pada tumbuhan terjadi ? Proses pengangkutan nutrisi pada tumbuhan / proses terjadinya transportasi pada tumbuhan adalah sebagai berikut :

  • Lintasan Air dan Mineral dari Tanah ke Akar

Proses sistem transportasinya adalah : air dan mineral dari dalam tanah melalui rambut akar menuju ke sel epidermis, menuju ke sel korteks, sel endodermis, dan terakhir pada silinder pusat.

Bila pada akar muda, air dan mineral tersebut langsung menuju ke xilem, sedangkan, pada sel yang sudah tua tidak langsung ke xilem, akan tetapj menuju ke floem terlebih dulu, baru kemudian ke sel kambium dan terakhir pada xilem

  • Lintasan Air dan Mineral dari Akar ke Daun

Proses transportasi pada tumbuhan adalah : air dan mineral yang sudah berada di xilem akar tadi, melalui xilem batang bergerak menuju ke xilem pada tangkai daun, masuk ke xilem urat daun.

Dan pada ujung urat daun, air lepas masuk ke lapisan bunga karang dan sel palisade. Air yang ada di dalam sel bunga karang diuapkan melalui stomata. Proses penguapan air yang terjadi lewat stomata tersebut yang disebut dengan transpirasi / sistem transportasi / proses pengangkutan makanan pada tumbuhan.

Faktor Transpirasi Tanaman

Faktor yang mempengaruhi transpirasi pada tumbuhan pada umunya dipengaruhi oleh beberapa faktor lingkungan. Faktor yang mempengaruhi laju transpirasi tanaman adalah :

  • Cahaya
  • Suhu
  • Kelembaban
  • Angin
  • Air tanah

Nah itulah materi sistem transportasi pada tumbuhan / sistem transpirasi tumbuhan. Semoga bermanfaat ya..

Baca juga Faktor Yang Mempengaruhi Respirasi Pada Tumbuhan & Perbedaan Autotrofik dan Heterotrofik đŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *