SISTEM REPRODUKSI HEWAN INVERTEBRATA

Sistem Reproduksi Hewan Invertebrata

Bagaimana cara hewan invertebrata berkembang biak ? Cara reproduksi hewan invertebrata adalah sebagai berikut :

Arthropoda

Sistem reproduksi Arthropoda adalah dengan cara generatif. Beberapa jenis hewan insecta seperti lebah dapat berkembang biak dengan cara berparthenogenesis.

Echinodermata

Cara reproduksi hewan echinodermata adalah dengan cara generatif, tapi dapat terbentuk vegetatif karena daya regenerasinya sangat baik. Bila Echinodermata terpotong, potongannya dapat menjadi hewan yang baru.

Protozoa

Cara berkembang biak protozoa adalah dengan cara vegetatif yang berupa amitosis, kecuali pada paramaecium yang dapat berkonyugasi bila sudah terlalu lemah untuk berbiak vegetatif dan sporozoa yang dapat bermetagenesis yaitu dapat berkembang biak secara vegetatif dalam tubuh manusia, dan berkembang biak secara generatif dalam tubuh nyamuk.

Molusca

Molusca berkembang biak dengan cara generatif yaitu dengan pertemuan sel jantan dan sel betina. Hewan molusca tidak dapat berkembang biak dengan cara vegetatif karena daya regenerasinya buruk.

Porifera

Porifera bereproduksi secara vegetatif dengan tunas.

Coelenterata

Coelenterata bereproduksi secara vegetatif (dengan tunas) dan generatif pada fase folip. Pada fase polymorphi, coelenterata akan bermetagenesis.

Vermes

Hewan vermes berkembang biak dengan cara generatif, tapi dapat juga terbentuk vegetatif karena daya regenerasinya cukup baik. Pada spesies fasciola hepatica dan Clonorsis sinensis mereka juga dapat berkembang biak dengan cara berpaedogenesis.

Nah itulah penjelasan macam-macam cara sistem reproduksi hewan invertebrata / cara berkembang biak hewan invertebrata. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *