SISTEM PERNAPASAN PADA KATAK

Artikel sistem pernapasan katak ini akan menjelaskan mekanisme sistem pernapasan pada katak, mekanisme pernapasan inspirasi dan ekspirasi pada katak, skema sistem pernapasan katak.

Sistem Pernapasan Pada Katak

Bagaimana sistem respirasi pada katak ? Proses pernapasan katak itu seperti apa sih ?

Sistem respirasi pada hewan katak, oksigen berdifusi lewat selaput rongga mulut, kulit, dan paru-paru. Kecuali pada fase berudu yang bernapas dengan insang karena hidupnya di air.

Selaput rongga mulut dapat berfungsi sebagai alat pernapasan karena tipis dan banyak terdapat kapiler yang bermuara di tempat itu. Pada saat terjadi gerakan rongga mulut dan faring, lubang hidung terbuka dan glotis tertutup sehingga udara berada di rongga mulut dan berdifusi masuk melalui selaput rongga mulut yang tipis. Selain bernapas dengan selaput rongga mulut, katak bernapas pula dengan kulit, ini dimungkinkan karena kulitnya selalu dalam keadaan basah dan mengandung banyak kapiler sehingga gas pernapasan mudah berdifusi.

Oksigen yang masuk lewat kulit akan melewati vena kulit (vena kutanea) kemudian dibawa ke jantung untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Sebaliknya karbon dioksida dari jaringan akan di bawa ke jantung. Dari jantung dipompa ke kulit dan paru-paru lewat arteri kulit paru-paru (arteri pulno kutaena). Dengan demikian pertukaran oksigen dan karbondioksida dapat terjadi di kulit.

Selain bernapas dengan selaput rongga mulut dan kulit, katak bernapas juga dengan paru-paru walaupun paru-parunya belum sebaik paru-paru mamalia.

Katak mempunyai sepasang paru-paru yang berbentuk gelembung tempat bermuaranya kapiler darah, Permukaan paru-paru diperbesar oleh adanya bentuk – bentuk seperti kantung sehingga gas pernapasan dapat berdifusi. Paru-paru dengan rongga mulut dihubungkan oleh bronkus yang pendek.

Mekanisme Inspirasi dan Ekspirasi pada Katak

Berikut penjelasan secara singkat mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada katak :

Dalam paru-paru terjadi mekanisme inspirasi dan ekspirasi yang keduanya terjadi saat mulut tertutup. Fase inspirasi adalah saat udara (kaya oksigen) yang masuk lewat selaput rengga mulut dan kulit berdifusi pada gelembung-gelembung di paru-paru.

Urutan mekanisme inspirasi pada katak adalah sebagai berikut.

  • Otot sternohiodeus berkontraksi sehingga rongga mulut membesar, akibatnya oksigen masuk melalui koane.
  • Setelah itu koane menutup dan otot rahang bawah dan otot geniohioideus berkontraksi sehingga rongga mulut mengecil.
  • Mengecilnya rongga mulut mendorong oksigen masuk ke paru-paru lewat celah-celah.
  • Dalam paru-paru terjadi pertukaran gas. Oksigen diikat oleh darah yang berada dalam kapiler dinding paru-paru dan sebaliknya, karbondioksida dilepaskan di lingkungan.

Mekanisme ekspirasi pada katak adalah sebagai berikut :

  • Otot-otot perut dan sternohiodeus berkontraksi sehingga udara dalam paru-paru tertekan keluar dan masuk ke dalam rongga mulut.
  • Celah tekak menutup dan sebaliknya koane membuka.
  • Bersamaan dengan itu, otot rahang bawah berkontraksi yang juga diikuti dengan berkontraksinya geniohioidus sehingga rongga mulut mengecil.
  • Dengan mengecilnya rongga mulut maka udara yang kaya karbondioksida akan keluar.

Nah demikianlah penjelasan sistem pernapasan pada katak. Semoga kamu bisa menjelaskan mekanisme pernapasan katak secara singkat ya  🙂

Lihat juga sistem pernapasan pada ikan & sistem respirasi pada serangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *