SISTEM PEREDARAN DARAH PADA AMPHIBI LENGKAP (KATAK)

Sistem Peredaran Darah Pada Amphibi

Kali ini kita akan belajar tentang sistem peredaran darah amphibi seperti sistem peredaran darah katak. Sistem peredaran darah pada hewan amfibi sedikit berbeda dengan sistem peredaran darah pada ikan.

Berikut ini adalah ringkasan sistem peredaran darah pada Amphibi :

  • Sistem sirkulasi darah pada amphibi terdiri dari cairan plasma dan sel-sel darah yang terdiri dari sel-sel darah merah dan sel darah putih.
  • Pada larva, binatang amphibi bernafas dengan insang, tetapi setelah dewasa bernafas dengan paru-paru.
  • Pada saat paru-paru mulai terbentuk, maka pada lengkungan aorta di bagian belakang akan tumbuh cabang saluran yang menuju ke paru-paru. Saluran ini akan menghasilkan/mengalirkan darah ke paru-paru. Pada paru-paru juga terbentuk saluran yang menuju ke jantung.
  • Jantung terdiri dari sebuah ventrikel berbentuk kerucut yang berdinding tebal, dua buah atrium yang berdinding tipis, sebuah sinus venosus dan trunkus astriosus.
  • Atrium kanan tempat masuknya darah yang berasal dari berbagai bagian tubuh dengan perantaraan sinus venosus, sedang atrium kiri merupakan tempat masuknya darah yang berasal dari paru-paru dan kulit. Darah ini mengandung banyak oksigen (O2).

Pembuluh nadi utama bercabang yaitu dua cabang aorta di mana masing-masing bagian mempunyai dua cabang arteri, yaitu :

1. Arteri carotis. Fungsi arteri carotis adalah untuk mengalirkan darah ke bagian kepala.

2. Arteri Pulmocutanteus. Fungsi arteri pulmocutanteus adalah untuk mengalirkan darah menuju paru-paru dan kulit.

Pembuluh balik pada hewan amfibi mempunyai tiga sistem yaitu :

1. Vena cava. Fungsi vena cava adalah untuk mengalirkan darah dari kepala dan tungkai depan (anggota gerak depan) dan anggota tubuh bagian belakang.

2. Vena Pulmocutanteus. Fungsi vena pulmocutanteus adalah untuk mengalirkan darah yang berasal dari paru-paru dan kulit.

3. Vena Porta. Fungsi vena porta adalah untuk mengalirkan darah dari alat tubuh, seperti kelenjar.

Nah begitulah skema sistem peredaran darah amphibi secara singkat. Sekarang kamu pasti bisa menjelaskan sistem peredaran darah katak (amphibi) dengan mudah bukan ? 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *