SIMBIOSIS MUTUALISME ANTARA ALGA DAN JAMUR

Materi kali ini akan menjelaskan simbiosis mutualisme antara jamur dan alga serta contoh simbiosis mutualisme beserta alasannya.

Simbiosis Mutualisme Alga dan Jamur

Hubungan simbiosis antara jamur dan ganggang adalah hubungan yang saling menguntungkan. Kenapa menguntungkan ? Karena simbiosis jamur dengan alga ini hadir untuk saling melengkapi kebutuhan hidup satu sama lain.

Simbiosis antara jamur dan ganggang pada lumut kerak adalah salah satu contoh simbiosis mutualisme pada tumbuhan yang paling sering kita jumpai. Tanda-tanda simbiosis mutualisme ini adalah pembentukan lumut kerak = Lichenes.

Simbiosis itu terjadi antara Alga Cyanophyceae/Chlorophyceace dan Jamur Ascomycetes/Basidiomycetes. Mekanisme simbiosis mutualisme jamur dan ganggang biru ini adalah :

  • Terjadi secara kebetulan.
  • Jika jamur dan alga tidak saling bertemu, keduanya dapat hidup sendiri-sendiri.
  • Tempat hidup di batu-batuan, kulit pohon-pohonan, daun-daun tertentu, di tempat-tempat basah.
  • Merupakan salah satu penyebab hancurnya bangunan purbakala seperti candi Borobudur, Prambanan dan lain-lain.
  • Sistem reproduksi terjadi secara vegetatif dengan fragmentasi.

Contoh simbiosis mutualisme pada tanaman lainnya adalah :

1. Usnea sp, disebut juga lumut janggut, sering dipakai sebagai tanaman hias, menghasilkan zat kimia yang disebut asam usnat, maka sering juga digunakan untuk campuran ramuan obat-obatan. Melekat pada suatu tempat dengan kepingan.

2. Graphis sp, bentuknya seperti coret-coret kecil, hanya beberapa mm saja, dan banyak dijumpai pada pohon yang besar.

3. Parmelia sp, bentuknya seperti kerak, berwarna hijau abu-abu, menempel pada kulit batang pohon-pohon yang besar dan lebarnya hanya beberapa cm saja.

4. Rocella tinctoria, disebut juga Lacea musti, menghasilkan lakmus digunakan sebagai indikator pada percobaan-percobaan kimia.

Lihat juga ciri-ciri alga merah & ciri-ciri alga pirang 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *