SIKLUS HIDUP NYAMUK AEDES AEGYPTI LENGKAP

Materi biologi kali ini akan menjelaskan siklus hidup nyamuk aedes aegypty dan perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti.

Siklus Hidup Nyamuk Aedes Aegypti Lengkap

Siklus hidup nyamuk demam berdarah itu seperti apa sih? Siklus perkembangbiakan nyamuk demam berdarah pada intinya adalah sebagai berikut :

Nyamuk Aedes Aegypti punya siklus hidup yang sempurna (mengalami metamorfosis sempurna) yaitu dari telur – larva – pupa – sampai dewasa. Lama perttmbuhan dari telur menjadi dewasa kira-kira membutuhkan waktu 9 hari. Perkembangan hidup Aedes menjadi dewasa membutuhkan waktu lebih kurang 10 – 12 hari.

Stadium pra dewasa (telur-larva-pupa) hidup dalam air, sedangkan stadium dewasa hidup di darat atau udara. Telur diletakkan satu persatu dalam tempat perindukan. Dalam waktu 1 atau 2 hari telur menetas menjadi larva yang disebut lawa instar I kemudian berkembang menjadi larva instar 2, 3 dan 4.

Larva instar 4 memiliki tanda khas yaitu pelana terbuka pada segmen belakang, sepanjang bulu sifon, dan pakten. Setiap pergantian instar ditandai dengan pengelupasan kulit yang disebut ekdisis. Dalam keadaan optimal maka perkembangan larva sekitar 6 – 8 hari dan pupa 2 – 4 hari.

Pupa tidak makan tapi masih butuh oksigen yang diambil melalui lubang pernapasan. Pupa jantan menetas terlebih dahulu, nyamuk jantan tidak berada jauh dari tempat perindukan karena menunggu betina untuk menetas dan siap berkopulasi. Setelah kopulasi nyamuk betina akan menghisap darah yang diperlukan untuk pembentukan telur. Tiga hari setelah nyamuk betina menghisap darah ia akan bertelur dengan jurnlah 80 – 125 butir setiap kali bertelur. Biasanya nyamuk bertelur pada sore hari menjelang matahari terbenam.

Setelah bertelur nyamuk betina menghisap darah lagi, umur nyamuk di dalam bebas lebih kurang 10 hari, dan umur nyamuk jantan lebih pendek dari betina.

Nah itulah penjelasan tentang nyamuk aedes aegypti mengenai siklus hidup nyamuk aedes aegypti serta pertumbuhan nyamuk aedes aegypti. Semoga kamu mengerti ya teman 🙂

Lihat juga contoh tanaman alkaloid & siklus hidup cacing pita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *