SEL TUMBUHAN DAN FUNGSINYA

Kali ini kita akan membahas tentang jenis atau tipe sel tumbuhan, sel tumbuhan dan fungsi bagian bagiannya serta contoh sel tumbuhan dan fungsinya.

Sel Tumbuhan dan Fungsinya

Untuk melakukan proses-proses hidup pada tumbuhan terdapat bermacam-macam sel yang masing-masing mempunyai fungsi tertentu. Berikut ini adalah sel tumbuhan beserta organel dan fungsinya.

Sel Parenkima / jaringan pengisi

Sel parenkim adalah sel yang berdinding tipis terdiri dari sellulosa terdapat pada hampir setiap sel tumbuhan. Letak sel parenkim yang di sepanjang pembuluh tapis disebut sel pengiring.

Fungsi sel parenkim adalah untuk mengisi tubuh, untuk fotosintesis dan menyimpan makan, dalam keadaan tertentu dapat tumbuh menjadi sel-sel lain.

Sel Kolenkima

Sel kolenkim adalah sel yang serupa dengan sel parenkima, hanya dinding selulosanya lebih tebal. Penebalannya, terutama pada bagian-bagian sudut sel.

Fungsi sel kolemkim adalah untuk memperkuat tubuh.

Sel Epidermis

Sel epidermis adalah sel yang paling luar. Bentuknya bermacam-macam, berdinding tebal kadang-kadang dilapisi oleh kutikula atau Ulin.

Fungsi sel epidermis adalah untuk melindungi tumbuh-tumbuhan serta untuk keluar masuknya CO2 dan O2.

Sel Endodermis

Sel endodermis adalah sel yang terletak di bawah sel epidermis, bentuk selnya bermacam-macam.

Fungsi sel endodermis adalah untuk mengatur pemasukan air dari parenkima ke pembuluh kayu (karena dindingnya mempunyai cincin kaspari).

Sel Sklerenkim

Sel sklerenkim adalah sel yang kuat dan keras, dindingnya diperkuat oleh zat lignin (zat kayu). Sel yang pendek disebut sklereida. sedangkan yang panjang merupakan serat

Fungsi sel sklerenkim adalah untuk memperkuat tubuh tumbuhan / sebagai penopang.

Sel Trakeid

Sel trakeid adalah sel yang panjang dan kuat, dindingnya diperkuat oleh lignin dan antara sel yang satu dengan sel yang lain terdapat hubungan melalui noktah-noktah (rangga sel).

Fungsi sel trakeid adalah untuk untuk mengalirkan air.

Trakea

Trakea adalah sel mati dengan penebalan zat lignin. Bentuknya lebih khusus dari trakeid. Trakea disebut juga pembuluh kayu,. Trakea terdiri dari serangkaian sel-sel yang berderet memanjang di-mana dinding melintang hilang.

Fungsi trakea adalah untuk mengangkut air.

Pembuluh Tapis

Pembuluh tapis adalah deretan sel hidup berdinding selulosa, tidak berinti dan dinding melintangnya berpori. Terdapat sel pengiring yang berinti yang mengatur proses-proses dalam pembuluh tapis.

Fungsi pembuluh tapis adalah untuk mengangkut zat organik, yang merupakan hasil assimilasi, vertikal ke bawah.

Xylem

Xylem adalah kumpulan trakeid dan trakea, tetapi terdapat pula jaringan parenkim dan penyokong.

Fungsi xylem adalah untuk mengangkut air dan zat-zat makanan dari akar keseluruh bagian tubuh tanaman.

Floem

Floem adalah kumpulan dari pembuluh tapis, disebut juga kulit kayu.

Fungsi floem adalah untuk mengedarkan zat-zat hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh tanaman.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai jenis dan fungsi sel tumbuhan. Nah sekarang coba kamu jelaskan sel tumbuhan dan fungsi bagian bagiannya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *