PROSES PEMBENTUKAN BUNGA PADA TUMBUHAN

Proses Pembentukan Bunga Pada Tumbuhan

Bagaimana proses pembentukan bunga ?

Proses pembentukan bunga pada tumbuhan / proses perbungaan adalah salah satu kegiatan perkembangan terpenting pada angiospermae. Proses terbentuknya bunga ini masih merupakan suatu kegiatan tanaman yang juga mengandalkan adanya sistem koordinasi kimia, tanpa adanya bantuan sistim ini, maka proses perbungaan ini tidak akan berlangsung dengan baik.  (baca juga : perbedaan bunga lengkap dan tak lengkap )

Pada proses perbungaan ini dipengaruhi oleh dua faktor yaitu :

  1. Suhu : biasanya pada musim panas untuk pembentukan akar, batang, dan daun dan pada musim dingin baru terbentuk bunga
  2. Waktu lama penyinaran : dengan adanya faktor ini pada proses perbungaan, maka tanaman dibagi menjadi dua yaitu tanaman hari panjang dan tanaman hari pendek. Tanaman hari panjang adalah tanaman yang membutuhkan cahaya terang yang panjang untuk proses perbungaaan. Tanaman hari pendek adalah tanaman yang berbunga pada cuaca yang gelap atau tidak membutuhkan cahaya terang, Respon perbungaan yang diatur oleh panjangnya hari disebut dengan fotoperiodisme.

Pada proses perbungaan yang membutuhkan cahaya dibantu oleh subtansi kimia yang disebut dengan fitokrom. Fitokrom selain dapat menyerap cahaya juga dapat berfungsi dalam perkecambahan biji dan mengatur pertumbuhan batang serta membantu dalam proses penuaan dan kematian spontan pada tanaman.

Semoga kamu mengerti tentang materi proses pembentukan bunga pada tumbuhan ya teman..

Lihat juga teori pertumbuhan tanaman menurut para ahli & macam-macam pertumbuhan pada tanaman 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *