PERTUKARAN GAS PADA AKAR DAN BATANG

Pertukaran Gas Pada Akar dan Batang

Pertukaran gas pada tumbuhan di akar dan batang itu seperti apa sih? Bagaimana proses pertukaran gas pada tumbuhan tersebut ?

Tumbuhan tidak mempunyai organ khusus untuk pertukaran gas (dengan beberapa pengecualian yang tak dapat dihindarkan). Ada beberapa sebab mengapa tumbuhan mampu hidup, tanpa alat pertukaran gas. Pertama, setiap bagian dari tumbuhan memelihara akan kebutuhan pertukaran gas masing-masing. Pada tumbuhan terdapat sangat sedikit pengangkutan gas dari satu bagian ke bagian lainnya. Meskipun tumbuhan mempunyai sistem transpor cairan yang baik, sistem ini tak ikut dalam transpor gas.

Kedua, tumbuhan tidak membutuhkan permintaan besar untuk pertukaran gas. Akar, batang, dan daun bernafas dengan laju jauh lebih rendah daripada yang khas bagi hewan, Hanya pada waktu proses fotosintesis, terdapat volume besar gas yang bertukar, dan seperti yang akan kita lihat, setiap daun menyesuaikan diri dengan baik untuk memelihara kebutuhannya sendiri selama periode ini.

Ketiga, jarak gas yang harus berdifusi, meskipun dalam tumbuhan yang besar sekali, tak besar. Setiap sel dalam tumbuhan tersebut terletak sangat dekat dengan permukaannya. Tumbuhan menyusun sel-sel ini dengan cara yang sangat sama seperti planaria, ialah dengan penyusunan sel-selnya dalam lembaran yang tipis dengan hasil, ialah rasio permukaan terhadap volume tinggi, semuanya sesuai dan baik untuk daun-daun, tapi bagaimana untuk batang dan akar yang tebal dan bersifat kayu ? Sesungguhnya, keadaan dalam organ-organ ini tak berbeda dengan daun-daun tersebut. Sel-sel yang hidup dari batang disusun dalam lapisan-lapisan tipis di dalam dan di bawah kulit. Sel sel dari bagian dalam pada batang yang berkayu, mati dan berfungsi hanya sebagai penunjang secara mekanis.

Jadi intinya / kesimpulannya, sebagian besar sel dari suatu tumbuhan paling tidak mempunyai bagian permukaan yang bersinggungan dengan udara. Kumpulan sel-sel parenkim yang longgar dalam daun, batang dan akar memberikan sistem ruang-ruang udara yang saling berhubungan. Gas-gas dalam udara berdifusi seribu kali lebih cepat daripada dalam air. Jadi, sekali oksigen dan karbondioksida dapat masuk dalam anyaman ruang hawa intersel, gas-gas tersebut berdifusi dengan cepat.

Nah itulah penjelasan tentang pertukaran gas pada akar dan batang pada tumbuhan. Semoga kamu mengerti ya teman 🙂

Lihat juga proses respirasi organisme akuatik & jenis pernapasan pada manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *