PERILAKU NYAMUK AEDES AEGYPTI

Perilaku Nyamuk Aedes Aegypti

Perilaku hidup nyamuk aedes aegypti itu seperti apa sih?  Yuk kita cari tahu supaya nggak kena gigitan nyamuk demam berdarah !

Nyamuk aedes aegyti dewasa jenis betina menghisap darah manusia pada siang hari yang dilakukan di dalam rumah maupun di luar rumah. Penghisapan darah dilakukan dari pagi sampai petang dengan dua puncak waktu yaitu setelah matahari terbit (08-00 – 10.00) dan sebelum matahari terbenam (15.00 – 17.00).

Puncak menggigit nyamuk aedes aegypti ini tergantung pada musim dan lokasi. Apabila aktivitas menggigit terganggu maka nyamuk demam berdarah ini menggigit orang lebih dari satu sehingga ada beberapa anggota keluarga yang terinfeksi dalam waktu 24 jam. Pada umumnya nyamuk demam berdarah ini tidak mengigit pada malam hari tapi mungkin akan menggigit dalam ruangan yang terang pada malam hari. Jenis nyamuk Aedes albopictus mempunyai kecenderungan untuk menggigit binatang daripada nyamuk Aedes aegypti.

Tempat istirahat nyamuk Aedes aegypti berupa semak-semak, atau tanaman rendah termasuk rumput-rumputan yang terdapat di halaman, kebun, pekarangan rumah, benda yang  tergantung dirumah seperti pakaian, sarung, kopiah dan juga pada perabotan rumah tangga yang terletak di tempat yang gelap, lembab atau berbau.

Tempat perindukan Aedes aegypti adalah tempat-tempat penampungan air yang mengandung air jernih atau yang sedikit terkontaminasi seperti kamar mandi. Biasanya letak tempat perindukan itu tak rnelebihi jarak 500 meter dari rumah. Tempat perkembangan nyamuk ini tidak bisa kalau berhubungan langsung dengan tanah atau terkena sinar matahari langsung.

Nah itulah materi nyamuk aedes aegypti yang menjelaskan mengenai perilaku nyamuk aedes aegypti. Yuk kita waspadai nyamuk demam berdarah 🙂

Lihat juga siklus hidup nyamuk aedes aegypti & contoh tanaman alkaloid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *