PERBEDAAN DIFUSI DAN OSMOSIS BESERTA CONTOHNYA

Materi ini menjelaskan tentang pengertian difusi dan osmosis, perbedaan difusi dan osmosis biologi serta contoh difusi dan osmosis & contoh hipotonik isotonik dan hipertonik.

Perbedaan Difusi dan Osmosis Beserta Contohnya

Apa perbedaan difusi dan osmosis ? Apa perbedaan proses osmosis dan difusi ?

Pengertian Difusi >> Difusi adalah perpindahan molekul atau ion sebagai akibat dari gerak acak dari cairan yang berkonsentrasi tinggi ke cairan yang berkonsentrasi rendah. Konsentrsai disini adalah konsentrasi dari zat yang terlarut.

Contoh difusi dalam kehidupan sehari hari :

Suatu tabung berisi suatu air, kemudian ditambahkan cairan dengan konsentrasi gula tinggi, maka ion atau molekul gula tadi akan bergerak menuju ke arah air, cairan hasil campuran tadi konsentrasinya menjadi sama.

Pengertian Osmosis >> Osmosis adalah proses difusi suatu pelarut (biasanya air) melalui membran semi-permiabel secara deferensial dari suatu cairan yang berkonsentrasi tinggi ke cairan yang berkonsentrasi rendah. Konsentrasi disini adalah konsentrasi pelarutnya (air). Ada 3 bentuk osmosis yaitu :

  • Hipotonik. Hipotonik adalah sebuah keadaan yang terjadi bila konsentrasi air di luar sel lebih besar dari konsentrasi air di dalam sel. Contoh hipotonik : Bila sel darah merah dimasukkan ke dalam air, maka sel darah merah akan pecah (hemolisis/plasmolisis).
  • Isotonik. Isotonik adalah keadaan yang terjadi bila konsentrasi air di luar sel sama dengan konsentrasi air di dalam sel, sehingga tidak terjadi apa-apa
  • Hipertonik. Hipertonik adalah keadaan yang terjadi bila konsentrasi air di luar sel lebih kecil dari konsentrasi air di dalam sel. Contoh hipertonik: Sel darah merah dimasukkan ke dalam air laut, maka air dalam sel darah merah akan terserap keluar, sehingga sel darah merah akan mengkerut. Hal ini dikarenakan konsentrasi air dalam sitoplasma sel darah merah lebih tinggi dari konsentrasi air pada air laut.

Itulah proses difusi dan osmosis pada sel. Nah sekarang biar lebih paham, yuk coba kamu sebutkan perbedaan difusi dan osmosis kembali 🙂

Lihat juga pengertian metabolisme sel & perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *