PENGARUH CAHAYA DAN PIGMEN DALAM FOTOSINTESIS

Pengertian Pigmen Fotosintesis

Pigmen fotosintesis adalah substansi yang menyerap cahaya. Sekumpulan pigmen yang berwarna hijau yang ada dalam kloroplas disebut dengan kloropil, Dengan adanya kloropil ini maka daun menjadi hijau dan pigmen ini dapat mengabsorbsi sinar / cahaya dengan panjang gelombang ungu, biru dan merah.

Pengaruh Cahaya dan Pigmen dalam Fotosintesis

Apa hubungan cahaya dan pigmen dalam fotosintesis ? Apa fungsi cahaya dan pigmen dalam fotosintesis ?

Apabila pigmen-pigmen fotosintesis mengabsobsi sinar / cahaya, maka tingkat energi elektron akan lebih tinggi, hal ini memberikan memberikan tiga konsekuensi (fungsi utama dari pigmen fotosintesis) yaitu :

  • energi akan diubah menjadi panas
  • akan dipancarkan sebagai energi sinar, disebut dengan fluoresen
  • akan digunakan untuk reaksi kimia, seperti yang terjadi pada fotosintesis

Panjang gelombang sinar / gelombang cahaya yang diabsorbi oleh satu pigmen disebut dengan spektrum absorbsi. Spektrum absorbsi satu pigmen dengan pigmen yang lain akan berbeda beda.

Kloropil ada dua macam yaitu kloropil A dan kloropil B. Kedua molekul ini mempunyai struktur yang sama, akan tetapi berbeda dalam spektrum absorbsinya. Di sampmg kudua pigmen tersebut, dalam tanaman masih ada satu pigmen lain yaitu karotenoid yang mempunyai kisaran wama merah sampai kuning. Pigmen ini merupakan pigmen dominan pada buah dan bunga.

Pada daun juga terdapat pigmen ini, hanya karena tertutup oleh kloropil, maka daun tampak hijau. Pigmen ini akan tampak pada daun bila musim gugur tiba, maka jumlah kloropil berkurang dan daun tampak berwarna kuning dan merah.

Nah seperti itulah pengaruh cahaya dan pigmen dalam fotosintesis. Sekarang kamu sudah mengerti tentang fungsi utama dari pigmen fotosintesis bukan 🙂

Baca juga pengertian fotosintesis menurut para ahli & pengertian endositosis dan eksositosis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *