OTAK BESAR DAN OTAK KECIL

Artikel otak besar dan otak kecil ini membahas tentang fisiologi otak besar dan otak kecil, kelainan pada otak besar & kelainan pada otak kecil, fungsi otak besar dan otak kecil pada manusia serta perbedaan otak besar dan otak kecil.

Otak manusia ada 2 macam bagian yaitu otak besar dan otak kecil. Otak besar (Cerebrum) secara fisiologi terletak di dalam tengkorak (kepala). Fungsi otak besar adalah sebagai tempatnya pusat kecerdasan, penglihatan, pendengaran, pengucapan dan pengaturan gerakan pada manusia.

Kelainan Pada Otak Besar

Kelainan pada otak secara umum akan menimbulkan penyakit otak dan saraf seperti :

  • Kelumpuhan heterolateral, yaitu lumpuhnya pusat gerak sebelah kiri menyebabkan kelumpuhan bagian tubuh sebelah kanan. Atau kerusakan serat syaraf piramid di atas persilangan.
  • Kelumpuhan homolateral, yaitu kerusakan serat syaraf piramid di bawah persilangan.
  • Gagu atau tak dapat berbicara yang disebabkan rusaknya pusat pembicaraan sensoris atau pusat Wernicke tapi masih mengerti pada pembicaraan karena pusat Broca masih baik.

Otak kecil (cerebellum) letaknya pada bagian belakang di bawah otak. Pada permukaannya terdapat lekukan-lekukan dan disusun oleh lapisan-lapisan substansi grissea dan substansi alba. Fungsi otak kecil adalah untuk mengatur kerjasama di antara alat-alat tubuh dan sebagai pusat keseimbangan dan koordinasi gerak otot.

Kelainan Pada Otak Kecil

Kelainan pada otak kecil akan menimbulkan ATAXI, yaitu keadaan di mana gerak dari alat-alat tubuh tidak teratur seperti kalau meletakkan sesuatu selalu tidak pada tempatnya.

Semoga teman-teman semua paham dan bisa menjelaskan perbedaan otak besar dan otak kecil ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *