MACAM-MACAM NEUROTRANSMITTER DAN FUNGSINYA

Macam-Macam Neurotransmitter dan Fungsinya

Apa itu neurotransmitter ? Fungsi neurotransmitter  itu apa sih ?

Hubungan antara satu sel saraf dan sel lainnya itu disebut sinapsis. Nah di dalam gelembung sinapsis ujung akson itu terdapat struktur kumpulan membran kecil yang berisi neurotransmiter atau biasa disebut dengan vesikula sinapsis. Fungsi neurotransmitter adalah sebagai penghubung dalam merambatkan impuls.

Macam-macam neurotransmitter dan fungsinya adalah sebagai berikut :

  • Asetilkolin. Asetilkolin adalah zat pemacu hubungan antara neuron dengan neuron, neuron dengan otot polos intestinum dan neuron dengan otot serat lintang. Neurotransmitter ini sangat berperan dalam pembentukan memori pada manusia.
  • Dopamin. Dopamin berperan untuk membuat seseorang agar fokus dan berkonsentrasi pada hal-hal tertentu.
  • Adrenalin (epinefrin). Epinefrin adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar anak ginjal. Fungsi neurotransmitter ini adalah sebagai pemacu hubungan antara neuron dengan otot jantung dan neuron dengan otot polos bronkus.

Pada beberapa area tertentu dalam tubuh manusia, neurotransmitter asetilkolin dan epinefrin bahkan menjadi zat penghambat (inhibitor). Namun zat-zat tersebut sifatnya hanya sementara saja karena akan segera diubah oleh enzim kolinesterase.

Nah itulah 3 jenis neurotransmitter dan fungsinya. Semoga artikel macam-macam neurotransmitter dan fungsinya ini bermanfaat bagi kamu semua !

Lihat juga macam-macam sel saraf berdasarkan fungsinya & persamaan sistem saraf dan sistem endokrin 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *