JENIS GERAK PADA TUMBUHAN DAN CONTOHNYA

Jenis Gerak Pada Tumbuhan dan Contohnya

Jenis gerak tanaman dan contohnya itu apa aja sih ?

Salah satu perbedaan antara organisme hidup dan benda mati adalah bahwa organisme hidup mampu bereaksi secara aktif terhadap perubahan-perubahan tertentu di lingkungan sekitarnya atau tanggap terhadap rangsangan, Tanaman untuk melaksanakan ketanggapan dan koordinasinya melalui suatu sistim koordinator kimia yaitu dengan hormon tanaman. Tanaman beraksi terhadap lingkungannya dengan cara mengadakan pertumbuhan. Respon pertumbuhan tersebut dapat mengakibatkan satu bagian tanaman lebih cepat tumbuh dari bagian tanaman yang lain,

Pada tanaman dikenal dua macam gerakan pertumbuhan sebagai respon terhadap rangsangan dari luar. Jenis gerak pada tumbuhan adalah :

  1. Gerakan Nasti

Gerak nasti adalah gerakan yang merupakan respon dari rangsangan luar, akan tetapi tidak ditentukan oleh arah asal rangsangan luar yang mengenai organisme. Contoh jenis gerak nasti : bunga-bunga tertentu akan merekah setelah matahari terbit. ( lihat materi : gerak nasti pada tumbuhan dan contohnya )

Untuk lebih

  1. Tropisme

Gerak tropisme adalah gerakan pertumbuhan yang arahnya ditentukan oleh arah rangsangan yang mengenai tanaman tersebut. Jika bagian tanaman tumbuh ke arah asal rangsangan, maka disebut tropisme positif. Sedangkan pertumbuhan yang berlawanan dengan arah asal rangsangan merupakan tropisme negatif.

Tanaman yang bereaksi terhadap rangsangan cahaya dan rangsangan gaya tarik bumi atau gravitasi. Untuk tanaman yang bereaksi terhadap rangsangan cahaya disebut dengan fototropisme, sedangkan yang bereaksi dengan gaya gravitasi disebut dengan geotropisme. ( lihat materi : gerak tropisme pada tumbuhan dan contohnya )

Nah itulah jenis gerak pada tumbuhan dan contohnya. Semoga tambah pinter ya teman 🙂

Lihat juga materi sistem gerak pada hewan invertebrata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *