JARINGAN PEMBULUH PADA TUMBUHAN DAN FUNGSINYA

Jaringan Pembuluh Pada Tumbuhan dan Fungsinya

Apa pengertian jaringan pembuluh pada tumbuhan ? Jelaskan fungsi jaringan pembuluh pada tumbuhan !

Pengangkutan bahan pada tanaman yang terjadi dalam sistem pembuluh-pembuluh pengangkut disebut dengan translokasi. Pembuluh-pembuluh pengangkut tersebut berkelompok membentuk berkas vaskular yang meluas ke seluruh organ tanaman, sehingga transportasi bahan antara organ satu dengan yang lain dapat berjalan dengan cepat dan efiseien.

Terdiri dari apakah jaringan pembuluh pada tumbuhan ?  Macam-macam jaringan pembuluh pada tumbuhan itu apa aja sih ?

Di dalam berkas vaskular tananam ada dua jaringan yang berlainan yaitu xilem dan floem. Fungsi xilem dan floem dalam proses pengangkutan tumbuhan adalah :

  1. Xilem

Xilem adalah jaringan vaskular tanaman yang mengantar air dan melarutkan mineral-mineral dari akar ke atas. Jaringan ini sering memberikan tunjangan mekanis kepada tanaman. Bagian-bagian pada jaringan xilem adalah :

  • Pembuluh xilem

Terdiri atas tabung yang berdinding tebal, yang tersusun dari lapisan selulosa sekunder dan lignin, dengan diameter 20 mikrometer – 700 mikrometer. Pada dinding ini terdapat celah atau noktah. Fungsi pembuluh xilem adalah untuk mengangkut air dan mineral k eatas melalui berkas vaskular.

  • Trakeid

Trakeid adalah sel-sel yang berdiameter 30 mikrometer sampai dengan beberapa milimeter. Dalam potongan melintang, sel-sel ini dapat dibedakan dari pembuluh xilem, karena dindingnya bersudut dan ukurannya lebih kecil. Sel trakeid mempunyai dinding sel tebal dan berkayu dan pada saat matang tidak terdapat sitoplasma. Dindingnya berlubang-lubang, sehingga air dan mineral yang larut dapat mengalir dengan mudah dari trakeid satu ke trakeid yang lain. Seperti pembuluh xilem, trakeid juga berfungsi mengangkut air dan mineral ke atas melalui berkas vaskular.

  1. Floem

Floem adalah jaringan vaskular yang kompleks pada tanaman yang berfungsi menghantarkan makanan ke seluruh bagian tanaman. Bagian-bagian yang ada pada jaringan floem adalah :

  • Tabung tapis

Pengertian tabung tapis adalah pembuluh angkut yang utama pada floem, yang terdiri atas sel-sel silindris dengan diameter 25 mikrometer dan panjang 100 – 500 mikrometer. Dinding ujung sel-sel tabung tapis dewasa berlubang-lubang, Tabung tapis ini membentuk saluran yang panjang dari pangkal ke ujung tanaman.

  • Sel tetangga

Sel tetangga adalah sel yang berdekatan dengan tabung tapisan. Pada saat matang, nukleus pada sel tetangga berfungsi sebgai pengendali terhadap kegiatan sel-sel tabung lapisan.

  • Plasmodesmata

Plasmodesmata adalah benang-benang halus sitoplasma yang menghubungkan sitoplasma tabung tapisan dan sitiplasma sel tetangga.

Nah itulah macam-macam jaringan pembuluh pada tumbuhan dan fungsinya. Biar kamu lebih paham yuk latihan menjelaskan fungsi jaringan pembuluh pada tumbuhan !

Lihat juga sistem transportasi pada tumbuhan & faktor yang mempengaruhi respirasi pada tumbuhan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *