FUNGSI KLOROPLAS PADA SEL TUMBUHAN

Fungsi Kloroplas Pada Sel Tumbuhan

Apa fungsi kloroplas ? Apa fungsi kloroplas dalam fotosintesis ?

Fungsi kloroplas adalah sebagai organ sel tempat terjadinya proses dan reaksi kimia pada proses fotosintesis. Satu sel daun mempunyai 40 s/d 50 kloroplas. Keberadaan kloroplas tidak pada semua bagian tanaman, hanya terbatas pada sel batang yang masih muda, buah yang belum matang dan sel daun.

Struktur kloroplas adalah struktur memipih, dengan panjang 7 mikrometer dari lebar antara 3-4 mikrometer. Masing-masing dibatasi sepasang membran luar yang halus. Batas luar ini melingkupi matriks fluida yang disebut dengan stroma. Membran dalam terlipat berpasangan yang disebut dengan lamella. Secara berkala lamella ini membesar, sehingga membentuk suatu gelembung pipih yang terbungkus membran yang disebut dengan tilakoid. Struktur ini tersusun dalam suatu tumpukan, yang mirip tumpukan koin dan tumpukan tilakoid ini disebut dengan prana.

Nah sekarang kamu sudah pasti tau akan struktur dan fungsi kloroplas pada sel tumbuhan kan ? Yuk latihan menjelaskan struktur kloroplas dan fungsinya biar kamu tambah paham.

Baca juga PENGARUH CAHAYA DAN PIGMEN DALAM FOTOSINTESIS & PENGERTIAN FOTOSINTESIS MENURUT PARA AHLI 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *