FUNGSI HATI SEBAGAI ALAT EKSKRESI PADA MANUSIA

Fungsi Hati Sebagai Alat Ekskresi Pada Manusia

Hati merupakan kalenjar yang terbesar yang ada di dalam tubuh kita. Hati berperan sebagai kalenjar ekskresi yang menghasilkan empedu.

Fungsi utama hati sebagai alat ekskresi

Fungsi hati sebagai alat ekskresi adalah untuk:

a.    Menyimpan gula dalam bentuk glikogen (gula otot).

b.    Tempat berlangsungnya pembentukan protein tertentu maupun perombakannya.

c.    Menawarkan racun yang ada dan ikut dalam pembentukan maupun perombakan sel darah merah.

Hati mendapat kebutuhan darah dari aorta melalui cabang aorta yang disebut pembuluh nadi hati dan pembuluh vena yang membawa sari makanan dari usus disebut vena porta. Pada bagian luar dari hati terdapat selaput tipis disebut selaput hati (kapsula hepatitis). Pembuluh darah dan pembuluh empedu yang dipersatukan oleh selaput jaringan ikat disebut Kapsula Glison.

Lakuna adalah ruang-ruang yang memisahkan deretan sel hati. Deretan selnya dipersatukan dalam kotak-kotak yang disebut lobula.

Jumlah eritrosit yang setiap detik dilepaskan dari tempat pembuatannya ada 10 juta sel dan sebanyak itu pula yang harus dirombak/diganti. Sel darah merah yang sudah tua tidak berinti dan dibinasakan di dalam hati. Histiosit adalah sel-sel khusus yang menangkap sel darah merah yang sudah tua. Hb dilepaskan, zat besi disimpan di dalam hati, kemudian dikembalikan ke dalam sumsum tulang. Globin dipergunakan kembali dalam metabolisme protein maupun dalam pembentukan Hb yang baru. Hemin diubah menjadi zat empedu (bilirubin dan bili-verdin), kemudian dikeluarkan ke usus dan seterusnya keluar tubuh bersama faeses. Bilirubin yang berwarna hijau-biru ini selanjutnya dioksidasi lagi menjadi urobilin yang berwarna kuning-coklat. Warna inilah yang umumnya memberi warna faeses dan urine.

Bila pembuluh darah (empedu) tersumbat oleh batu empedu, empedu tidak dapat ke usus, melainkan masuk ke dalam darah hingga warna darah kekuningan. Sebaliknya warna faeses jadi coklat abu-abu. Penyumbatan tersebut umumnya disebabkan oleh kolesterol yang mengendap dan membentuk batu empedu.

Semoga penjelasan fungsi hati sebagai alat ekskresi ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua ya ! Yuk kita latihan mencoba menjelaskan fungsi hati sebagai alat ekskresi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *