FUNGSI GINJAL DALAM SISTEM EKSKRESI

Fungsi Ginjal Dalam Sistem Ekskresi

Ginjal (Ren) dalam kehidupan sehari-hari disebut buah pinggang, bentuknya seperti biji kacang panjang. Bagian-bagian ginjal yaitu

—    Cortex (lapisan luar).

—    Medulla (lapisan dalam).

—    Piramid.

—    Precessus Ferini ialah bagian dari medulla yang memasuki bagian cortex.

—    Ureter atau saluran air kencing.

Bagian ginjal dan fungsinya masing-masing

Berikut ini adalah penjelasan bagian ginjal lengkap / bagian ginjal dan fungsinya lengkap :

Ginjal terletak di dalam rongga perut bagian belakang agak ke atas dan menempel pada tulang belakang. Secara anatomis disusun oleh bagian-bagian:

a. Cortex, yaitu lapisan luar yang terdiri dari badan Malpighi yang disusun oleh:

—    Simpai Boumann.

—    Glomerulus.

—    Arteri.

—    Vena.

Glomerulus adalah kumpulan cabang-cabang yang halus dari pembuluh darah pada bagian cortex. Simpai Boumann merupakan lapisan yang melingkupi Glomerulus. Fungsi fisiologinya menyaring bagian-bagian air, garam mineral terutama NaCl, ureum dan glukosa dari sisa-sisa metabolisme yang berupa air seni Proses penyaringan ini merupakan proses penyerapan yang terakhir dari hasil metabolisme sebelum sisa-sisa tersebut dikeluarkan dari tubuh. Ureum yang telah dibuat di hati dari asam amino setelah dianalisa akan diubah menjadi amonium hidroksida yang dengan asam karbonat dalam darah akan membentuk amonium karbonat. Garam ini di dalam ginjal mengalami pemecahan menjadi ureum dan air yaitu larutan air kencing yang akan dikeluarkan oleh tubuh.

Secara kimianya dapat kita tuliskan sebagai berikut:
2 NH4OH + H2CO3 —> (NH4)2CO3+2H2O

b. Medulla adalah lapisan dalam yang umumnya terdiri dari saluran yang berbentuk piramid.

Sistem aliran darah pada ginjal

Sistem peredaran darah pada ginjal secara singkat yaitu darah melalui arteri renalis masuk di bagian calyx minor dan calyx mayor melalui arteri sublobaris, badan malpighi untuk melepaskan sari-sari makanan dan kemudian kembali ke vena melalui vena interlobaris, vena sublobaris dan vena renalis.

Proses pengeluaran air seni

Mekanisme pengeluaran air seni yaitu sesudah melalui penyaringan oleh glomerulus sisa metabolisme dikeluarkan melalui calyx mayor — calyx minor — ureter – visica urinaria atau kandung kencing — urethra — kemudian keluar tubuh.
Pengeluaran air seni ini umumnya dipengaruhi oleh kegiatan susunan syaraf kecuali pada anak kecil atau orang yang terlalu lanjut usia.

Nah demikianlah artikel mengenai fungsi ginjal dalam sistem ekskresi pada manusia. Semoga kamu mengerti mengenai bagian ginjal dan fungsinya ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *