CONTOH ORDO NEUROPTERA

Materi biologi kali ini akan menjelaskan serangga ordo neuroptera, klasifikasi ordo neuroptera, peranan ordo neuroptera dan contoh hewan ordo neuroptera.

Morfologi Ordo Neuroptera

Neuroptera merupakan salah satu kategori hewan insecta. Morfologi neuroptera agak sedikit berbeda jika dibandingkan dengan morfologi ordo isoptera. Ciri-ciri, struktur tubuh dan karakteristik neuroptera adalah sebagai berikut :

  • Sayap bersyaraf, jumlahnya 2 pasang dan tipis, urat-uratnya terlihat seperti jaring.
  • Antena panjang, mulut menjilat dan mengunyah.
  • Mengalami metamorfosis sempurna.

Contoh Ordo Neuroptera

Contoh neuroptera / contoh hewan ordo neuroptera yang paling terkenal adalah myrmeleon frontalis (undur-undur), merupakan bentuk larva yang terdapat dipasir halus. Makanannya adalah semut.

Habitat ordo neuroptera adalah di tanah kering biasanya di pasir dan seringkali hidup bersembunyi ( bentuk larva ). Sedangkan habitat setelah dewasa adalah di alam liar dan baru keluar pada waktu malam hari.

Peranan Ordo Neuroptera

Hewan ordo neuroptera berperan dalam membantu menggemburkan tanah ( pada bentuk larva ). Sedangkan ketika sudah dewasa, hewan ini dianggap sebagai gangguan karena apabila hinggap di tubuh manusia, hewan neuroptera ini bisa menggigit dengan cukup sakit walaupun tidak membahayakan / tidak beracun.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai ciri-ciri, peranan ordo neuroptera dan contoh hewan ordo neuroptera. Semoga kamu mengerti ya teman 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *