CIRI CIRI SAKIT GINJAL DAN PENGOBATANNYA

Apa ciri ciri orang sakit ginjal ? Bagaimana ciri-ciri sakit ginjal ? Yuk kita cari tahu ciri ciri penyakit ginjal dan cara pengobatannya !

Ciri Ciri Sakit Ginjal dan Pengobatannya

Ginjal yang sehat berfungsi untuk menghilangkan air secara berlebihan, membantu mengontrol tekanan darah, menjaga zat kimia dalam tubuh agar seimbang, menjaga agar tulang tetap kuat, memerintahkan tubuh untuk membuat sel-sel darah merah dan membantu anak-anak tumbuh normal. Penyakit ginjal kronis terjadi ketika ginjal tak lagi mampu membersihkan racun dan produk limbah dari darah dan menjalankan fungsinya secara penuh. Hal ini dapat terjadi secara mendadak ataupun terjadi secara terus menerus / penyakit bawaan

pengertian gagal ginjal akut
Kata Akut berarti tiba-tiba. Jadi gagal ginjal akut berarti ginjal gagal secara tiba-tiba, sering diakibatkan karena adanya toksin (alergi obat atau racun) atau kehilangan banyak darah atau trauma. Cara pengobatan sakit ginjal yang umum adalah dengan cara dialisi. Dialisis digunakan untuk membersihkan darah dan untuk membantu ginjal beristirahat. Nah dengan dialisis inilah ginjal akan dapat memulihkan beberapa atau semua fungsinya yang rusak akibat racun.

Ciri-Ciri Sakit Ginjal

Ciri ciri sakit ginjal pada manusia adalah sebagai berikut :

  • Sakit punggung atau nyeri pinggang. Hal ini dikarenakan ginjal terletak di kedua sisi tulang belakang. Maka apabila ginjal rusak maka penderita akan merasakan sakit nyeri pinggang. Jika kamu bertanya apa sih ciri-ciri sakit ginjal sebelah kiri atau ciri-ciri sakit ginjal sebelah kanan ? Maka jawabannya bisa kamu rasakan sendiri. Bila sakit ginjal sebelah kiri maka kamu akan merasakan sakit pinggang di sebelah kiri. Begitu juga sebaliknya.
  • Merasa gatal. Limbah yang menumpuk dalam tubuh dapat menyebabkan rasa yang sangat gatal, terutama pada bagian kaki.
  • Perubahan dalam urin baik itu urin tambah banyak atau tambah sedikit, merasakan adanya tekanan ketika buang air kecil, perubahan warna urin, urin berbusa atau kencing berbuih, atau harus bangun di malam hari untuk buang air kecil. Ini adalah ciri ciri sakit ginjal akut / ciri ciri penyakit ginjal bocor.
  • Mengalami pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, tangan, atau wajah. Ini adalah ciri ciri penyakit ginjal yang sudah parah.
  • Kelelahan atau lemas. Penumpukan limbah atau kekurangan sel darah merah (anemia) dapat juga menyebabkan masalah ini. Pada umumnya kelelahan adalah ciri gejala awal sakit ginjal atau ciri ciri penyakit ginjal stadium awal.
  • Sesak napas. Sesak nafas biasanya merupakan ciri sakit ginjal saat hamil
  • Napas bau amonia atau rasa amonia atau berasa ada logam di mulut. Limbah yang menumpuk dalam tubuh dapat menyebabkan bau mulut, perubahan rasa, atau keengganan untuk makanan berprotein seperti daging. Pada umumnya ini adalah ciri ciri sakit ginjal kronis. Oleh karena itu jangan cuma diobati dengan pengharum nafas ya 😀
  • Kehilangan nafsu makan. Tidak ada nafsu makan merupakan salah satu ciri ciri sakit ginjal pada anak. Jika anak atau si buah hati kehilangan nafsu makan secara tidak wajar maka bisa jadi si anak terkenal penyakit ginjal.
  • Mual dan muntah. Ciri ciri sakit ginjal pada wanita yang mudah untuk diketahui adalah sering mual dan muntah tanpa sebab.


Pengobatan Sakit Ginjal – Pengobatan Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal dapat diketahui melalui tes laboratorium atau melalui gejala-gejala seperti di atas. Kamu positif terkena sakit ginjal jika tingkat darah dalam kreatinin dan urea nitrogen (BUN)  tinggi serta tingkat  protein dalam urin juga tinggi. Penderita diabetes harus menjalani tes urin tahunan untuk microalbumin, yaitu sejumlah protein kecil yang tidak muncul pada tes protein urin standar.

Jika kamu sudah tes uji laboratorium / uji screening dan memiliki tanda-tanda penyakit ginjal, maka kamu harus meminta rujukan ke seorang nefrolog, yaitu spesialis dalam mengobati penyakit ginjal. Seorang nephrologist akan melakukan evaluasi kemudian menyarankan obat atau perubahan gaya hidup untuk membantu memperlambat perkembangan penyakit ginjal. Perlu diketahui pengobatan sakit ginjal setiap orang itu berbeda beda alias tidak sama.

Nah jika kamu memiliki gejala-gejala tersebut, ada baiknya kamu segera pergi ke dokter. Apalagi kalau kamu ada anggota keluarga dekat yang memiliki penyakit ginjal, atau yang memiliki diabetes dan tekanan darah tinggi yang merupakan penyebab utama gagal ginjal. Ingat pergilah ke dokter sebelum terlambat 🙂

Nah itulah ciri ciri sakit ginjal dan pengobatannya. Lihat juga ciri-ciri sakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *