CIRI CIRI GASTROPODA & CONTOH GASTROPODA

Materi tentang gastropoda ini akan menjelaskan tentang arti gastropoda, struktur dan fungsi tubuh gastropoda, sistem pencernaan dan sistem respirasi pada gastropoda, ciri ciri kelas gastropoda dan contoh hewan yang termasuk kelas gastropoda.

Pengertian Gastropoda

Kelas Gastropoda adalah golongan siput yang termasuk ke dalam filum hewan mollusca. Morfologi gastropoda sedikit berbeda jika dibandingkan kelas cephalopoda dan kelas lamellibranchiata.

Ciri Ciri Gastropoda

Apa ciri dan sifat gastropoda ? Ciri khas hewan gastropoda baik itu karakteristik gastropoda & struktur morfologi gastropoda adalah sebagai berikut :

  • Tubuhnya terdiri dari kepala, badan dan bagian alat gerak (kaki).
  • Pada kepala terdapat sepasang alat peraba yang dapat ditarik masuk kedalam. Pada bagian ujungnya terdapat titik mata yang berguna untuk membedakan gelap dan terang.
  • Badan selalu berada di dalam cangkok, berisi usus, insang, lambung dan sebagainya.
  • Sebagian badan digunakan sebagai alat gerak (kaki).
  • Dapat bergerak, dengan adanya kontraksi otot kaki yang bergelombang dari bagian belakang ke depan.
  • Sistem pencernaan gastropoda yaitu makanan dari mulut dihaluskan oleh lidah perut, masuk kedalam kerongkongan usus penghancur, kemudian diteruskan ke lambung dan di dalam usus panjang, sari-sari makanan diserap. Sisanya dikeluarkan melalui anus, yang terdapat di-sebelah sisi kanan kepala.
  • Sistem pernapasan gastropoda yaitu pada waktu dalam bentuk larva menggunakan insang, setelah dewasa bernafas dengan paru-paru.
  • Sistem peredaran darah gastropoda adalah sistem peredaran darah terbuka yang terdiri dari jantung dan pembuluh-pembuluh yang sederhana.
  • Sistem reproduksi gastropoda pada umumnya bersifat hermaprodite.

Contoh Gastropoda

Contoh hewan gastropoda / contoh anggota gastropoda yang bermanfaat bagi manusia adalah :

1. Melania testudinaria (sumpil), hidup di air tawar dapat di makan dan dijadikan bahan ternak karena kaya protein.

2. Helix aspersa (keong/bekicot), hidup di air tawar darat dapat dijadikan sate dan makanan lainnya.

3. Vivara javanica (kreco), hidup di kolam atau sawah dapat disantap dan dijadikan sate kreco.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai ciri-ciri gastropoda dan contoh gastropoda. Nah untuk lebih mengasah kemampuan kamu dalam materi ini, coba kamu jelaskan perbedaan utama antara gastropoda pelecypoda cephalopoda ! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *