CIRI-CIRI ASTEROIDEA (BINTANG LAUT) & CONTOH

Artikel asteroidea ini menjelaskan tentang arti asteroidea, ciri khas asteroidea / ciri khusus asteroidea, struktur tubuh asteroidea, karakteristik dari kelas asteroidea dan contoh spesies asteroidea.

Pengertian Kelas Asteroidea

Kelas Asteroidea adalah jenis hewan bintang laut yang termasuk ke dalam filum echinodermata.

Ciri-Ciri Asteroidea (Bintang Laut)

Ciri morfologi asteroidea dan ciri umum asteroidea adalah :

  • Tubuh berbentuk bintang yang berlengan 5.
  • Berkulit duri yang disusun oleh zat kapur.
  • Ambulakral membentuk saluran kepermukaan bawah berfungsi sebagai kaki.
  • Pada ujung tiap kaki terdapat alat isap.
  • Habitat asteroidea  adalah hidup di karang-karang dan pasir pada laut yang dangkal (umumnya digunakan simbul kehidupan laut).
  • Sistem ambulakral pada asteroidea terdiri dari :

    —    Saluran gelang, dimana terdapat 5 buah saluran radial yang masing-masing menuju ke lengan.
    —    Setiap pangkal kaki terdapat sebuah gelembung yang dapat mengkerut, sehingga air diperas masuk ke dalair. setiap kaki.
    —    4 buah gelembung poli, dan
    —    keping madrepora.

  • Sistem pencernaan asteroidea yaitu mulut di sebelah kerongkongan, yang pendek, berhubungan dengan lambung yang besar. Makanan dicerna oleh getah lambung dan diisap, kemudian dikirim ke 5 cabang usus, masing-masing ke tiap lengan dan cabang usus, bercabang-cabang lagi sehingga merupakan saluran makanan, kemudian sisanya dikeluarkan melalui anus.
  • Sistem pernapasan asteroidea yaitu gelembung kaki ambulakral mengembang dan alas kaki mencekung, O2 meresap melalui selaput kaki ambulakral. Gelembung-gelembung insang pada punggung juga merupakan alat pernafasan yang mudah diresapi O2 dan CO2 keluar.
  • Sistem saraf asteroidea adalah gelang syaraf yang terdapat di sekeliling kerongkongan, dimana terdapat cabang-cabang syaraf ke bagian lengan dan berakhir pada bintik mata, berfungsi sebagai alat penglihatan untuk membedakan antara gelap dan terang. Gelang syaraf berfungsi mengkoordinasi seluruh gerakan yang dilakukan oleh lengan.
  • Sistem reproduksi pada asteroidea yaitu setiap cabang tubuh terdapat rongga yang berisi kelenjar pembiakan dimana speermatozoid dan ovum dibebaskan dalam air.

Contoh Spesies Asteroidea

Apa contoh echinodermata kelas asteroidea ? Contoh hewan kelas asteroidea adalah :

1. Linekia laevigata (bintang laut biru)

2. Asterias sp. (bintang laut merah).

Nah itulah materi biologi tentang ciri-ciri asteroidea (bintang laut) & contoh spesies dari asteroidea. Semoga bermanfaat bagi pembaca materibiologi.com

Lihat juga contoh hewan gastropoda & contoh hewan cephalopoda 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *