BAGIAN BAGIAN DAUN DAN FUNGSINYA

Materi bagian daun lengkap  ini akan menjelaskan bagian penampang daun dan fungsinya / struktur bagian daun dan fungsinya serta peranan bagian-bagian daun dalam proses fotosintesis.

Bagian Bagian Daun dan Fungsinya

Apabila daun diiris melintang, maka akan tampak bagian-bagian daun, dimulai dari bagian yang paling atas yaitu :

  • Epidermis Atas

Epidermis atas pada daun adalah bagian yang tersusun dari selapis sel tunggal. Apa fungsi epidermis atas ini ? Fungsi epidermis atas pada penampang melintang daun adalah sebagai sel yang mengeluarkan zat yang disebut kutin, sebagai bahan pembentuk kutikula yang berfungsi sebagai penghambat hilangnya air daun /penguapan. Pada bagian ini tidak dijumpai kloroplas.

  • Lapisan Palisade

Pengertian lapisan palisade adalah bagian yang disusun dari sel yang berbentuk tabung dan tersusun sedemikian rupa, sehingga sumbu panjangnya tegak lurus dengan bidang daunnya. Setiap sel dari lapisan palisade ini penuh dengan kloroplas dan pada lapisan inilah proses fotosintesis berlangsung (fungsi lapisan palisade). Jadi bagian daun yang mengandung klorofil atau bagian daun yang melakukan fotosintesis / bagian daun tempat terjadinya fotosintesis adalah lapisan palisade.

  • Lapisan Bunga Karang

Sel penyusun lapisan bunga karang ini bentuknya tidak beraturan dan tersusun tidak rapat. Di dalamnya berisi sedikit kloroplas. Fungsi lapisan bunga karang adalah sebagai penyimpan sementara molekul-molekul makanan yang dihasilkan oleh lapisan palisade. Disamping itu juga membantu dalam pertukaran gas antara daun dan sekitarnya. Selama siang hari sel-sel ini mengeluarkan oksigen dan uap air ke ruang udara yang mengitarinya, Karbondioksida dari udara yang ada di ruang udara diambilnya. Ruang-ruang udara ini saling berhubungan dan akhirnya ke bagian luar daun melalui pori-pori daun atau stomata.

Pada kebanyakan tanaman, stomata terdapat yang terutama pada epidermis bawah. Setiap stoma (tunggal) tersusun oleh 2 sel yang berbentuk sosis yang disebut sel jaga atau sel pelindung.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai bagian-bagian daun dan fungsinya. Semoga kamu mengerti ya 🙂

Lihat juga fungsi kloroplas pada sel tumbuhan & pengaruh cahaya dan pigmen dalam fotosintesis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *