ASAL USUL MAKHLUK HIDUP SECARA BIOLOGI

Materi BiologiTeori asal usul kehidupan dan pembuktiannya dan asal usul makhluk hidup menurut para ahli menurut teorinya masing-masing seperti GENERATIO SPONTANEA (BANTAHAN SPALLANZANI, PASTEUR) TEORI OMNE VIVUM EX OVO, OMNE OVUM EX VIVO.

Asal Usul Makhluk Hidup Secara Biologi

Artikel asal usul makhluk hidup & pendapat beberapa ahli tentang kehidupan antara lain adalah :

  • Teori Aristoteles – Mengemukakan teori generatio spontanea atau abiogenesis. Isinya : Makhluk hidup berasal dari benda mati yang terbentuk begitu saja.
  • Teori Franscesco Redi (1650) – Menyangkal teori abiogenesis dengan melakukan experimen berupa keratan daging segar dengan perlakuan:

—    Labu/gelas I diisi keratan daging segar dan ditutup rapat.

—    Labu/gelas II diisi keratan daging segar dan ditutup dengan kasa.

—    Labu/gelas III dibiarkan terbuka.

Dibiarkan 3-7 hari (daging segar yang dibiarkan terbuka) kelihatannya sudah membusuk. Hasilnya pada gelas I tidak dijumpai ulat; gelas II sedikit; gelas III banyak.

  • Teori Lazzaro Spallanzani (1750) – Eksperimen yang dilakukan adalah menggunakan air kaldu yang dimasukkan ke dalam tabung reaksi.

—    Tabung reaksi I diisi kaldu, ditutup gabus, sela-selanya diberi lilin cair agar lebih rapat.

—    Tabung reaksi II setelah diisi kaldu, ditutup dengan gabus dipanaskan selama ±15′.

—   Tabung reaksi III dibiarkan diisi kaldu, dipanaskan selama ± 15′ dibiarkan terbuka. Ketiganya disimpan di tempat yang gelap. Setelah beberapa hari diamati ternyata pada Labu I dan III kita jumpai adanya jazat-jazat renik/organisme pendatang sedangkan pada tabung reaksi III tidak ada.

  • Teori Louis Pasteur (1860) –  Menyangkal teori abiogenesis dengan melakukan percobaan yang menggunakan air kaldu yang dimasukkan ke dalam labu yang berleher angsa.

Pendapatnya dikenal dengan istilah :

—    Omne vivum ex ovo; Omne ovum ex vivo; artinya bahwa kehidupan hanya dapat terjadi karena ada kehidupan sebelumnya dan segala sesuatu yang hidup berasal dari sel telur. Dengan adanya pendapat ini teori Aristoteles menjadi gugur. Sehingga teorinya dikenal dengan BIOGENESIS.

Nah itulah inti dari materi asal usul makhluk hidup secara biologi. Oke semoga bermanfaat bagi para pembaca materibiologi.com.

Lihat juga teori sel menurut para ahli biologi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *